[vc_row][vc_column][vc_column_text css=”.vc_custom_1513264807952{margin-bottom: 0px !important;}”]

Disaat Pertama kali saya lulus kuliah dan memilih untuk menjadi Entrepeneur, Image sebagai pegusaha muda itu sangat mengganggu sekali. Kenapa..? karena sebenarnya pengusaha yang baru memulai usaha itu ga punya pendapatan yang cukup. Dan akhirnya sampai sekarang pun saya tidak mau di panggil “mas pengusaha” tapi mungkin lebih ingin di panggil usahawan. Sebagaimana namanya Usahawan itu adalah orang yang melakukan “Usaha” sendiri sehingga bisa menghasilkan sesuatu untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Keren kan cita citanya tapi sebnarnya dibalik cita-cita ini terdapat perjuangan yang menyesakkan.

[/vc_column_text][vc_column_text css=”.vc_custom_1513264700454{margin-bottom: 0px !important;}”]

Saya tessar, sekarang memiliki usaha di bidang agrobusiness sebagai produsen beras organik. Banyak yang bilang jadi pengusaha itu enak, bangun nya terserah, mau kemana-mana terserah ga terikat waktu, bisa ngantor dimana saja sesuai keinginan dan punya pendapatan yang besar dan bisa diatur. Bener ga sih sebenernya statement itu…? yap itu ada benernya akan tetapi ada juga yang salah. Sebagai usahawan yang ingin sukses seperti mark Zukenberg ataupun steve job ada hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha yaitu “Komitment” dan “Impian”. Waktu memulai usaha saya hanya menggunakan rumah orang tua saya sebagai kantor, semua kegiatan dimulai dari produksi, processing, administrasi bahakan menemui client pun saya lakukan dirumah. Tapi apa efeknya, tidak ada budaya, ekosistem dan lingkungan yang mendukung sehingga kita bisa benar-benar bisa mencapai impian kita. So pertanyaan selanjutnya muncul, APAKAH SAYA HARUS PUNYA KANTOR..?

[/vc_column_text][vc_single_image image=”456″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_column_text css=”.vc_custom_1513264717705{margin-bottom: 0px !important;}”]

Ini pertanyaan yang jawabnya gampang tapi ngelakuin nya agak susah, kenapa..? karena buat kantor itu mahal dan membutuhkan modal besar. Untuk yang memiliki usaha manufacturing yang sebenarnya sudah memilki pabrik, harusnya ini tidak perlu, tapi kebutuhan atas ekosistem dan lingkungan usahawan ini yang akhirnya membuatku mulai mencari kantor yang bisa digunakan oleh usawahan seperti saya. Rupanya kantor adalah kebutuhan wajib jika usaha ingin go nasional maupun international karena dengan adanya kantor, client akan melihat perusahaan kita sebagai perusahaan yang serius. Bahkan seorang steve job pun berpindah dari garasi nya menuju komplek silicon valley yang mempunyai lingkungan usahawan.

[/vc_column_text][vc_column_text css=”.vc_custom_1513264748288{margin-bottom: 0px !important;}”]

Setelah ikut dalam beberapa event dijakarta, bertemulah saya denga satu konsep kantor unik yang dihuni banyak usahawan disana yaitu COWORKING SPACE. Waw.. terperana saya melihat beberapa usahawan yang selama ini harus ditemui dengan membuat janji, di coworking space kita bisa bebas untuk menyapa dan saling mendukung usaha masing-masing. Sebenarnya apa coworking space dan bagaimana cara kerjanya kita akan bahas ditulisan selanjutnya. Dan rupanya dibalik semua komitment dan impian kami untuk melakukan usaha sendiri, perlu adanya lingkungan dan ekosistem yang mendukung. Dan itu hanya bisa terwujud jika kita berkomitment pula untuk mendirikan rumah kerja atau kantor untuk usaha kita sendiri. Disaat Entrepeneur juga harus ngantor, maka menandakan mereka sudah ingin menjadi besar sesuai dengan IMPIAN awal memulai usaha.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Recent Posts
About

Pellentesque id velit ut ligula maximus gravida venenatis in turpis. In eu lacinia libero. Aenean nec aliquet dui. Sed tristique convallis sapien, semper porttitor mauris scelerisque et. 

Recent Projects
Newsletter
Subscribe for our monthly newsletter to stay updated